Kutipan dari



KEPUTUSAN REKTOR UNIVERSITAS GADJAH MADA
NOMOR 259/P/SK/HT/2004

TENTANG
ORGANISASI DAN RINCIAN TUGAS
KANTOR PIMPINAN UNIVERSITAS, LEMBAGA, DIREKTORAT, BIRO, DAN UNIT KERJA
DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

BAB IV. KEDUDUKAN DAN RINCIAN TUGAS DIREKTORAT ADMINISTRASI AKADEMIK

Pasal 11
  1. Direktorat Administrasi Akademik dipimpin oleh Direktur, berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Rektor.
  2. Dalam pelaksanaan tugas, Direktur dibantu oleh seorang Sekretaris.
  3. Sekretaris bertanggung jawab kepada Direktur.

Pasal 12

  1. Direktorat Administrasi Akademik terdiri atas:
    1. Subdirektorat Penerimaan dan Registrasi.
    2. Subdirektorat Administrasi Akademik.
  2. Subdirektorat Penerimaan dan Registrasi terdiri atas:
    1. Seksi Penerimaan dan Pemasaran.
    2. Seksi Registrasi dan Statistik.
  3. Subdirektorat Administrasi Akademik terdiri atas:
    1. Seksi Sarana Pendidikan.
    2. Seksi Monitoring dan Evaluasi.

Pasal 13

  1. Rincian tugas Direktorat Administrasi Akademik:
    1. Menyusun RKAT dan program kerja Direktorat.
    2. Menyusun juklak dan juknis bidang administrasi akademik.
    3. Mengelola sistem dan strategi proses penerimaan mahasiswa.
    4. Mengelola kegiatan penerimaan mahasiswa baru.
    5. Mengelola administrasi registrasi mahasiswa.
    6. Mengelola administrasi legalisasi akademik dan evaluasi akademik.
    7. Merumuskan strategi dan menyusun rencana pengembangan pendidikan berdasar arah strategi universitas.
    8. Membantu menetapkan kebijakan, mengkoordinasi, memantau, dan mengevaluasi pelaksanaan program kegiatan, peningkatan dan penjaminan mutu di lingkungan universitas.
  2. Rincian tugas Sekretaris:
    1. Membantu Direktur menyusun RKAT dan Program Kerja Direktorat.
    2. Membuat standar kinerja Direktorat.
    3. Mengkoordinasikan semua kegiatan Direktorat.
    4. Melakukan evaluasi dan pengendalian kegiatan Direktorat.
    5. Membuat laporan kegiatan dan laporan keuangan Direktorat.
    6. Melakukan pembinaan pegawai Direktorat.

Pasal 14

  1. Rincian tugas Subdirektorat Penerimaan dan Registrasi
    1. Menyusun konsep RKAT dan program kerja direktorat.
    2. Menyusun konsep juklak dan juknis penerimaan mahasiswa.
    3. Mengkoordinasikan proses penerimaan mahasiswa.
    4. Mengkoordinasikan pelaksanakan pendaftaran ulang mahasiswa.
    5. Mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan administrasi transfer mahasiswa.
    6. Menyusun laporan pelaksanaan program Subdirektorat dan mempersiapkan penyusunan laporan direktorat.
  2. Rincian tugas Subdirektorat Administrasi Akademik:
    1. Menyusun konsep RKAT dan program kerja direktorat.
    2. Menyusun konsep juklak dan juknis administrasi akademik.
    3. Mengkoordinasikan pelaksanaan administrasi dan evaluasi akademik.
    4. Mengkoordinasikan pelaksanaan legalisasi akademik.
    5. Melaksanakan administrasi dan evalasi akademik.
    6. Menyusun laporan pelaksanaan program Subdirektorat dan mempersiapkan penyusunan laporan direktorat.
Pasal 15
  1. Rincian tugas Seksi Penerimaan dan Pemasaran:
    1. Menyiapkan materi promosi dan informasi penerimaan mahasiswa melalui media cetak dan elektronik.
    2. Menyebarluaskan informasi penerimaan mahasiswa.
    3. Melaksanakan layanan informasi tentang penerimaan mahasiswa.
    4. Menyiapkan dan menyusun instrumen penerimaan mahasiswa.
    5. Melaksanakan pendaftaran penerimaan mahasiswa.
    6. Menyiapkan dan melaksanakan penerimaan mahasiswa.
    7. Menyimpan data penerimaan dan pemasaran mahasiswa.
  2. Rincian tugas Seksi Registrasi dan Statistik:
    1. Menyiapkan dan merancang instrumen registrasi.
    2. Melaksanakan layanan registrasi.
    3. Mengolah data registrasi dan menyusun statistik.
    4. Menyajikan data registrasi dan statistik.
    5. Menyimpan data registrasi sebagai bahan laporan.
  3. Rincian tugas Seksi Sarana Pendidikan:
    1. Menyusun instrument sarana pendidikan.
    2. Merencanakan kebutuhan sarana pendidikan.
    3. Menyiapkan dan melayani kebutuhan sarana pendidikan.
    4. Melaksanakan administrasi sarana pendidikan.
    5. Menyimpan data sarana pendidikan sebagai bahan laporan.
  4. Rincian tugas Seksi Monitoring dan Evaluasi:
    1. Merencanakan dan merancang instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan.
    2. Mengumpulkan data bahan minotoring dan evaluasi pendidikan.
    3. Melaksanakan/mengolah data monitoring dan evaluasi pendidikan.
    4. Menyajikan hasil olahan data monitoring dan evaluasi sebagai bahan kebijakan pimpinan.
    5. Menyiapkan saran/rekomendasi penyelesaian permasalahan pendidikan kepada pimpinan.
    6. Menyimpan data monitoring dan evaluasi sebagai bahan laporan.