• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Kedudukan dan Tugas
  • Pendidikan
    • Program Pendidikan
    • Aturan Akademik
    • Peraturan Internal
    • Peraturan Eksternal
  • Dokumen Acuan
  • Informasi Lain
    • Statistik
    • Profil Mahasiswa
  • Beranda
  • Berita
  • Ciptakan Tempat Kerja dan Layanan yang Nyaman, Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Latih Keterampilan Housekeeping untuk Seluruh Staf

Ciptakan Tempat Kerja dan Layanan yang Nyaman, Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Latih Keterampilan Housekeeping untuk Seluruh Staf

  • Berita, Slider
  • 26 Juli 2024, 17.42
  • Oleh: listi_fku
  • 0

Kenyamanan ruang pelayanan sangat berpengaruh positif pada kepuasaan pelanggan. Kenyamanan ini bisa tercipta jika lingkungan kerja tertata rapi, bersih dan indah. Tentu saja, lingkungan kerja yang bersih, rapi dan nyaman ini tidak hanya menjadi tanggung jawab cleaning service saja, tetapi juga jadi tanggung jawab bersama seluruh warga di lingkungan tempat kerja. Demikian disampaikan Sri Haryanti, S.Pd., M.Pd., Koordinator Promosi dan Kesekretariatan Direktorat Pendidikan dan Pengajaran saat membuka acara Pelatihan Penataan Ruang Kerja (Housekeeping Training) bagi staf Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM (Jumat, 19/7) di Ruang Pertemuan Utama Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM.

”Gedung DPP ini kan baru selesai direnovasi dan hampir keseluruhan dari lingkungan kerja di DPP adalah ruang pelayanan. Agar kebersihan, kerapian dan kenyamanan tetap terjaga diperlukan kerjasama dari semua staf untuk secara konsisten merawatanya”, terang Sri Haryanti. Menurutnya, perihal menjaga kebersihan dan kerapian ruangan, tidak bisa hanya diserahkan ke petugas Cleaning Service saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. ”Untuk itu, staf dan petugas Cleaning Service perlu mendapatkan informasi dan pengalaman cara menjaga kebersihan dan kerapian, juga penataan ruangan pelatihan housekeeping”, jelasnya.

Pelatihan disampaikan oleh Dr. Ayu Helena Cornelia, B.A., M.Si bersama tim dari Cornelia & Co PR and Marketing Agency. Disampaikan Ayu Cornelia, kebersihan dan kerapian kantor merupakan dua hal yang mampu memberikan kontribusi terhadap produktivitas dan kesejahteraan karyawan serta kenyamanan publik.

”Lingkungan kerja yang bersih dan rapi tidak hanya menciptakan suasana yang menyenangkan dan nyaman, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan kesehatan”, jelas Ayu Cornelia. Standar kebersihan dan kerapihan di kantor ini meliputi pengaturan ruang kerja yang konsisten, sanitasi yang baik, serta pemeliharaan peralatan dan fasilitas.

Staf Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Antusian Mengikuti Pelatihan Housekeeping.

Dalam pemaparannya, Ayu Cornelia, yang juga Former Marketing Communication Hyatt Regency Yogyakarta menjelaskan metode penataan ruangan 5S yang diadopsi dari Budaya Jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke. Seiri artinya menyortir, maksudnya menyortir segala sesuatu di area tempat kerja dan hanya menyimpan barang yang diperlukan saja dengan cara menandai barang yang ”sering digunakan”, ”kadang-kadang digunakan” dan ”tidak pernah digunakan”.

Seiton artinya mengatur segala sesuatu. Setelah digunakan, barang dikembalikan secara efisien. Sedangkan Sesio artinya membersihkan. Dan Seiketsu yang artinya standarisasi berarti memastikan bahwa segala sesuatu yang dilakukan harus sesuai dengan standar, agar mudah diikuti oleh semua orang. Serta Shitsuke, yang berarti disiplin diri yaitu konsisten agar keempat metode lainnya (seiri, seiton, seiso, dan seiketsu) menjadi kebiasaan.

Sebelum pelatihan, Tim dari narasumber sudah melakukan survei untuk melihat ruangan di Direktorat Pendidikan dan Pelayanan. Selanjutnya, pada sesi kedua pelatihan, Veronica Yohanna, narasumber yang juga Former Housekeeping Manager Hyatt Regency Yogyakarta memaparkan hasil temuan terkait ketidakrapian dan ketidaksesuaian penataan ruangan di DPP untuk dievaluasi. Usulan penataan dari setiap ruangan juga disampaikan selama pelatihan.

Pada pertengahan pelatihan, para peserta juga diajak untuk berkeliling melihat area ruangan dan sudut-sudut kerja di lingkungan Direktorat Pendiidkan dan Pengajaran mulai dari ruang pelayanan, ruang arsip, ruang pertemuan/ruang rapat, ruang arsip, ruang rekreasi, toilet, dapur bahkan gudang. Narasumber menunjukkan secara langsung tempat-tempat atau sudut-sudut ruangan yang perlu penataan dan pengaturan lebih detail.

Menurut Sri Haryanti, DPP mentargetkan, lewat pelatihan ini para staf bisa merapikan meja kerja setiap hari sebelum pulang kantor. Customer Service juga bekerja sesuai jadwal dan ruang lingkup kerja yang jelas. Selain itu, penataan dan perawatan peralatan kerja dilakukan rutin. ”Saya berharap, setelah pelatihan ini, para staf mampu menjaga, memelihara, dan menciptakan ruang kerja yang tertata rapi, bersih dan wangi, sehingga suasana kerja semakin nyaman. Para civitas akademika yang memerlukan layanan dan bertandang ke DPP juga semakin nyaman dan mendapat pelayanan yang terbaik”,  tegasnya.

Post Views: 353
Tags: SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDGs

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • EVENT-ID
  • Heregistrasi
  • Slider
  • Sosialisasi
  • Statistik
  • Wisuda

Jenis Berita

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Jenis SK

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Berita Terkini

  • Perjalanan Akademik dan Dedikasi Budaya: Kisah Wisudawan Doktor Ilmu-Ilmu Humaniora FIB UGM, Xie Chen Liu
  • UGM Terima Kunjungan UB dalam rangka Studi Tiru Pengembangan Pola Penerimaan Jalur Kerja Sama Bagi Putra Putri Daerah
  • Menggapai Impian: Perjalanan Sekar dari Magang hingga Karir di Hyundai Motors Company
  • Cerita Kesan Para Peserta UTBK-SNBT 2025 Berlaga di Pusat UTBK UGM
  • UGM Berkomitmen Menjaga Integritas Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Baru

Link Lainnya

sidebar

 

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Jalan Pancasila Boulevard

Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia, 55281

+62(274) 6492626
dit.pp@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Kedudukan dan Tugas
  • Ujian Masuk (UM UGM)

Pendidikan

  • Program Akademik
  • Aturan Akademik
  • Arsip

Pembelajaran

Informasi Publik

  • Statistik
  • Profil Mahasiswa

© 2023 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Term of UseContact

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY