Pandangan Sekar Kembang Kesumaningrum, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UGM angkatan 2019 tiba-tiba tertuju pada feed instagram Hyundai Motors yang tengah merilis info tawaran magang, yang mampir di beranda instagramnya. Sejurus kemudian, info itu seakan memantik kembali salah satu cita-cita yang ingin dicapainya saat duduk di bangku perkuliahan. Tak ingin melewatkan kesempatan, Sekar sigap mempersiapkan semua dokumen persyaratan dan bergegas mendaftar di Hyundai Motors Company.
Berbagai tahapan ia lalui demi bisa merasakan atmosfer kerja di ranah internasional dan menimba pengalaman melalui berbagai peluang mengasah global networking seperti cita-citanya itu. ”Ngak mudah ya, lumayan sulit seleksinya karena yang diterima hanya 1 orang untuk masing-masing fungsi yang ditawarkan, tapi karena waktu itu saya join di batch pertama, jadi persentase diterimanya belum seketat yang sekarang”, ungkap Sekar mengenang kembali perjuangannya mendaftar magang di Hyundai Motors Company.

Program magang Hyundai Global Internship merupakan program magang fully-funded yang seluruhnya dibiayai oleh PT Hyundai Motors Indonesia dan Hyundai Motors Company. Biaya ini termasuk pengurusan dokumen keberangkatan, tiket pesawat pulang dan pergi, juga akomodasi selama di Korea Selatan, serta pocket money.
Saat magang, Sekar bekerja di Hyundai Motor Company, kantor pusat Hyundai yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan. Selama satu bulan dari bulan Juli hingga Agustus 2023, Sekar ditugaskan di divisi Brand Marketing, di tim Space Creation, di mana tim ini secara khusus menangani Hyundai Motorstudio, brand space experience Hyundai.
Tugas utama Sekar selama magang yaitu membuat rencana campaign untuk Hyundai Motorstudio Senayan Park, yang kemudian rencana ini terealisasi setelah Ia bergabung secara full time sebagai karyawan di PT Hyundai Motors Indonesia pada Oktober 2023.
Tak hanya bertugas membuat rencana campaign, selama satu bulan bekerja di Hyundai Motor Company, Seoul, alumni UGM yang lulus dan diwisuda Juni 2023 ini juga terlibat dalam suatu tim yang bertugas meneliti behaviour generasi MZ , gabungan generasi milenial dan generasi Z untuk lokasi area riset di Jakarta, yang merupakan target audiens utama dari Hyundai Motorstudio Senayan Park.
Bagi Sekar, magang yang berujung pada direkrutnya menjadi staf merupakan perjalanan hidup yang sangat istimewa, dimana Ia bisa berjejaring dengan teman-teman dari berbagai negara, seperti Vietnam, Jepang, sampai Amerika Serikat. Selain itu juga berkesempatan menjalin sosialisasi dengan para profesional di Hyundai Motors Company. ”Kesempatan ini memberikan saya banyak insights, tidak hanya mengenai budaya bekerja di perusahaan global, tetapi juga tips untuk memulai karir, melanjutkan studi, sampai bertukar pikiran mengenai budaya sosial di Korea Selatan dan di Indonesia”, jelas Sekar.
Tentu saja, perjalanan Sekar tak luput dari tantangan. Keterampilan manajemen waktu menjadi tantangan tersendiri untuk Sekar saat harus membagi waktu satu bulan untuk menyelesaikan 2 project, mengerjakan final project (campaign plan untuk Hyundai Motorstudio Senayan Park) dan menyelesaikan riset customer behaviour. Strategi yang dijalankan Sekar adalah dengan secara intens berdiskusi dan melakukan brainstorming dengan para mentor, yang memang secara khusus di-assign untuk membantu para mahasiswa magang.
Melalui tempaan project, Sekar mendapatkan pelajaran berharga yang mengasah kepribadiannya untuk tidak minder. Ia semakin percaya diri dengan kemampuan dan potensi yang dimiliki. ”Saya belajar bahwa semakin banyak dan kaya pengalaman seseorang, semakin mereka bersedia untuk berbagi ilmu”, ungkapnya. ”Selama saya juga terbuka dan aktif untuk belajar dari mereka”, tambahnya.
Ia mengaku perasaan inferior yang sempat menghantuinya selama beberapa hari pertama bekerja di Hyundai Motors Company perlahan hilang dan justru berubah menjadi semangat serta keinginan untuk belajar lebih lanjut lagi.
Pengalaman magang juga memberikan nilai tambah yang besar buat Sekar dalam menyusun Curicullum Vitae, yang pada akhirnya ini menjadi bekal mengikuti beberapa seleksi di perusahaan yang Ia daftar.
Menurutnya, ilmu yang didapat selama perkuliahan sangat bermanfaat karena sejalan dengan penjurusan yang ia ambil, periklanan. ”Jadi semua mata kuliah wajib dan minat untuk kelas periklanan itu sangat membantu di dunia kerja, terutama karena dari tugas-tugasnya sendiri dibiasakan untuk membuat PPT Deck berupa proposal campaign”, terang alumni yang sejak kuliah sudah aktif dalam berbagai organisasi ini, salah satunya, menjadi marketing di Tebar Pesona, Community Service yang berbasis di Ternate, Maluku Utara.
Tak heran, jika di ujung perjuangan Sekar pada akhir magang, kado indah datang. Saat final interview, para mentor dan evaluator memberikan lembar penilaian akhir magang yang menjadikannya layak untuk melanjutkan karir full-time di PT Hyundai Motors Indonesia. ”Jadi, meskipun semua peserta magang memiliki kesempatan yang sama untuk melanjutkan karir di PT Hyundai Motors Indonesia, performa magang juga memiliki pengaruh yang signifikan bagi perusahaan untuk membuat keputusan akhir”, terang Sekar.
Penulis: B. Diah Listianingsih