• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Kedudukan dan Tugas
  • Pendidikan
    • Program Pendidikan
    • Aturan Akademik
    • Peraturan Internal
    • Peraturan Eksternal
  • Dokumen Acuan
  • Informasi Lain
    • Statistik
    • Profil Mahasiswa
  • Beranda
  • Berita
  • UGM Sosialisasikan Sistem Admisi Mahasiswa WNA Terintegrasi Versi 2

UGM Sosialisasikan Sistem Admisi Mahasiswa WNA Terintegrasi Versi 2

  • Berita, Slider, Sosialisasi
  • 28 Februari 2025, 11.14
  • Oleh: listi_fku
  • 0

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM kembali menyelenggarakan sosialisasi terkait skema pendaftaran penerimaan mahasiswa baru UGM bagi Warga Negera Asing (WNA) melalui kegiatan bertajuk ”Workshop Sistem Admisi Mahasiswa WNA”, 14 Februari 2025, bertempat di Ruang Seminar Sekolah Pascasarjana Lantai 5.

Target peserta workshop kali ini adalah para koordinator bidang akademik/pendidikan dan enumerator sistem admisi WNA di Fakultas/Sekolah. Dalam workshop tersebut dikupas berbagai topik seputar penggunaan sistem admisi WNA versi 2,  mekanisme setting UKT mahasiswa WNA, dan juga sosialisasi tarif baru visa dan perizinan mahasiswa asing, serta sosialisasi mekanisme defer bagi calon mahasiswa Pascasarjana.

Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta, S.Si, M.Kom., dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya UGM untuk terus meningkatkan jumlah mahasiswa asing, baik degree maupun non-degree. ”Jumlah mahasiswa asing sebetulnya sudah banyak, namun masih belum merata di fakultas maupun prodi. Masih ada beberapa fakultas/prodi dengan jumlah mahasiswa asing cukup terbatas. Inilah yang kami fasilitasi dengan sistem admisi baru versi 2 bagi WNA”, terang Sigit.

Dikatakan Sigit, Sistem Admisi Versi 2 yang sudah rilis dan digunakan ini merupakan modifikasi dari kondisi proses penerimaan yang selama ini ada dan sudah berjalan. Sistem ini bertujuan untuk mengintegrasikan proses pendaftaran WNA. ”Sistem yang dulu masih parsial, dan beberapa proses masih dilakukan manual serta harus melibatkan beberapa sistem yang lain seperti pengambilan nomor Letter of Offer (LO) dan Letter of Acceptance (LOA), maupun proses pengesahan paraf LO dan LOA. Kini, proses tersebut akan diintegrasikan dengan sistem admisi versi 2 ini”, jelasnya.

Dalam presentasinya, Sigit memaparkan tema terkait Aplikasi Pendaftaran WNA untuk Program Degree dan Non Degree. Disampaikan Sigit, jika sebelumnya, program pendaftaran mahasiswa asing untuk non degree dikelolah oleh DKRG, maka dengan sistem yang baru, pendaftaran mahasiswa asing non degree akan dikelola Program Studi/Fakultas. Lalu untuk pembuatan Intake Program Degree, yang dulu dilakukan Fakultas/Sekolah, dengan sistem baru akan dilakukan oleh DPP agar timeline pendafaran seragam. ”Yang selama ini, proses pendaftaran melibatkan beberapa sistem yang terpisah, akan disederhanakan dan diintegrasikan menggunakan sistem yang baru”, terang Sigit.

Diungkapkan Sigit, dari berbagai masukan para pendaftaran WNA, banyak mahasiswa internasional yang kurang nyaman dengan pertanyaan detail pada sistem pendfataran, sehingga di sistem baru ini poin isian pertanyaan akan disederhanakan. Saat ini, UGM tengah memprioritaskan seleksi mahasiswa asing dengan negara tentangga terdekat seperti Timor Leste, Myanmar, Laos. Harapannya, sistem admisi versi 2 yang baru bisa diimplementasikan.

Nantinya, integrasi sistem admisi juga akan melibatkan kerja sama dan kolaborasi antar direktorat di UGM seperti Direktorat Pendidikan dan Pengajaran, Dikektorat Teknologi Informasi dan Direktorat Kemitraan dan Relasi Global serta Direktorat Keuangan UGM.

Sigit mengingatkan bahwa peran mahasiswa non-degree juga sangat penting dalam meningkatkan jumlah mahasiswa asing di UGM, sehingga Program Studi/Fakultas sebagai pemain kunci, perannya dalam menetapkan alur pendaftaran mahasiswa non degree juga sangat diharapkan. ”Alur sepenuhnya ada di Fakultas/Prodi yang menentukan kapan akan dibuka? persyaratan seperti apa? sampai dengan tagihan pembayaran (apabila ada)”, jelas Sigit. Sedangkan untuk pendaftaran degree WNA dikelola oleh DPP. Dan untuk program degree ini, jika enumerator Prodi mengalami kendala, akan dibantu oleh DPP.

 

Penulis: B. Diah Listianingsih

 

Post Views: 292
Tags: SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDGs

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • EVENT-ID
  • Heregistrasi
  • Slider
  • Sosialisasi
  • Statistik
  • Wisuda

Jenis Berita

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Jenis SK

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Berita Terkini

  • Menggapai Impian: Perjalanan Sekar dari Magang hingga Karir di Hyundai Motors Company
  • Cerita Kesan Para Peserta UTBK-SNBT 2025 Berlaga di Pusat UTBK UGM
  • UGM Berkomitmen Menjaga Integritas Pelaksanaan Seleksi Mahasiswa Baru
  • UGM Bersama PT Hyundai Motors Indonesia Mencari Talenta Berbakat Di Ajang Hyundai Global Internship 2025
  • Surat Keputusan Rektor UGM Nomor 375/UN1.P/KPT/HUKOR/2025 tentang Kalender Akademik UGM Tahun 2025/2026

Link Lainnya

sidebar

 

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Jalan Pancasila Boulevard

Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia, 55281

+62(274) 6492626
dit.pp@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Kedudukan dan Tugas
  • Ujian Masuk (UM UGM)

Pendidikan

  • Program Akademik
  • Aturan Akademik
  • Arsip

Pembelajaran

Informasi Publik

  • Statistik
  • Profil Mahasiswa

© 2023 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Term of UseContact

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY