• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Kedudukan dan Tugas
  • Pendidikan
    • Program Pendidikan
    • Aturan Akademik
    • Peraturan Internal
    • Peraturan Eksternal
  • Dokumen Acuan
  • Informasi Lain
    • Statistik
    • Profil Mahasiswa
  • Beranda
  • Berita
  • Dari Kecanduan Game Hingga Jadi Motivator Konten Kreator, Perjalanan Samuel Lie, Mahasiswa Teknik Mesin Raih IP 3,92

Dari Kecanduan Game Hingga Jadi Motivator Konten Kreator, Perjalanan Samuel Lie, Mahasiswa Teknik Mesin Raih IP 3,92

  • Berita, Slider
  • 4 Juni 2025, 14.00
  • Oleh: listi_fku
  • 0

Fenomena kecanduan game banyak dialami oleh anak muda di era digital. Bagi sebagian orang, bermain game hanya sebatas hiburan, tetapi bagi yang lain, game bisa menjadi candu yang mengorbankan banyak hal dalam hidup. Samuel Lie, mahasiswa Fakultas Teknik berhasil mengubah kecanduannya menjadi motivasi untuk meraih kesuksesan dalam akademik, sosial, dan karier.

Pernah berada di fase tidak bisa lepas dari gadget, hingga menjadikannya kecanduan bermain game, membawa Samuel Lie, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin ini berada di titik “reverse gaming”. Saat ini, ia tengah mendedikasikan dirinya menjadi motivator bagi teman-teman sebayanya seputar sukses studi melalui konten IG-nya, samliee_.

”Pada awalnya karena gadget”, aku Samuel. Samuel yang saat itu dipercaya memegang smartphone oleh orang tuanya untuk komunikasi dan produktivitas, justru lebih banyak menggunakan gadget untuk bermain game. ”Mobile legend”, akunya lagi . Saat itu Samuel bermain mobile legend hampir 16 jam setiap hari tanpa berhenti, hingga mengorbankan waktu tidur.

Candu game terus berlanjut dari kelas 7 SMP hingga kelas 2 SMA. Teguran dari orang tua tidak pernah berhenti, namun baru terasa saat mereka lelah dan berhenti menegur. Saat itulah kesadaran mulai muncul. Tidak hanya itu, ia melihat teman-teman sebaya yang jarang bermain game memiliki kredibilitas tinggi. ”Mereka berprestasi, aktif berorganisasi, dan pandai berbicara di depan umum”, kata Samuel. Keinginan untuk menjadi seperti mereka menjadi titik balik yang mengubah perspektifnya.

Kesadaran yang menjadi titik balik ini membawa Samuel menemukan konsep “reverse gaming”, senjata yang menjadi strategi utamanya untuk lepas dari kecanduan. Menurut Samuel, hidup dianalogikan seperti game, jika kerja keras akan mendapatkan ‘gold’.

Dari konsep itu, Ia mulai tekun belajar agar menjadi lebih hebat, dan membangun kebiasaan baru untuk meningkatkan kemampuan diri. ”Saya mulai berolahraga, membaca buku setiap hari, bergabung dengan OSIS, dan memperbanyak relasi”, terangnya. Perubahan ini perlahan-lahan menggantikan adiksi game dengan motivasi untuk berkembang.

https://akademik.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/35/2025/06/reels2.mp4

Doc: Samuel Lie

Transformasi di Dunia Akademik dan Sosial

Setelah lepas dari kecanduan, ia menyadari banyak waktu yang telah terbuang dan ia menyesali hal itu. Namun, perjalanan baru dimulai saat ia diterima di Teknik Mesin UGM melalui jalur SNBT. Inilah yang menjadi transformasi Samuel di Dunia Akademik dan Sosial.

Menyadari bahwa ia bukan anak pintar sejak kecil, ia bekerja keras 10 kali lebih banyak dibandingkan teman-temannya. Dengan target IP minimal 3.0 untuk mempertahankan beasiswa, ia menemukan sistem belajar yang membuatnya lebih efektif.

Semester pertama fokus pada algoritma belajar dan membangun sistem pembelajaran, dan menghasilkan IP 3.50. Semester kedua memperluas relasi dengan bergabung dalam BEM, menjadi MC, serta aktif di berbagai acara. Semester ketiga mulai mencari prestasi melalui kompetisi, dengan hasil memenangkan lima lomba. Dan di semester 3 ini, Samuel berhasil meraih IP 3.92. Pada semester keempat, ia menekuni dunia content creator, dan memperoleh lebih dari 100K followers di Instagram hanya dalam waktu tiga bulan. Kini, dengan 142.000 follower, puluhan konten motivasi sudah memenuhi beranda instagramnya, dan menjadi referensi bagi mahasiswa yang ingin tahun seputar strategi sukses di dunia akademik, hingga akhirnya dunia konten kreator dapat membiayai dirinya sendiri tanpa bantuan orang tua.

”Saya ngonten bukan untuk mencari validasi atau kebanggan diri, tetapi untuk menjadi motivasi dan role model buat semua orang yang dianggap ”biasa saja”. Saya sudah membuktikan, kalau anak yang ”biasa saja” sejak SD – SMA, bisa sukses di perkuliahan”, terang Samuel penuh semangat. Lewat video konten yang ia buat, Samuel ingin membantu teman-teman yang dianggap ”biasa saja” tersebut bisa sukses kuliah. ”Karena kunci dari sukses kuliah itu bukanlah bakat, melainkan konsistensi”, tegasnya.

Ia pun punya startegi khusus agar pekerjaan ”ngonten” menjadi kegiatan yang tidak menganggu perkuliahnnya. ”Bisa terkendali dengan time management”, jelas mahasiswa angkatan 2023 ini. Ia menerapkan skala prioritas pada agenda kegiataanya yang diaturnya menggunakan google calender. Prioritas pertamanya adalah ”kelas”, di luar itu, waktunya digunakan untuk membuat konten. ”Saya sudah terbiasa mengikuti berbagai macam acara sejak semester 2, dan sekarang sebagai konten kreator, saya tinggal mensubtitusikan kesibukan yang biasanya di organisasi ke dunia konten kreator”, ungkapnya.

Dengan passion di bidang public speaking, ia bercita-cita menjadi seorang mentor dan public speaker untuk membantu mahasiswa sukses di akademik, prestasi, sosial, dan finansial. Untuk mencapai tujuan itu, ia sedang membangun startup bernama Skademy (Sukses Kuliah Academy), yang bertujuan membimbing mahasiswa agar tidak mengulangi kesalahan seperti dirinya.

Transformasi dari kecanduan game menjadi kecanduan kehidupan membuktikan bahwa perubahan selalu mungkin terjadi. Dengan mindset yang tepat, seseorang dapat mengubah kebiasaan buruk menjadi motivasi besar untuk berkembang dan sukses.

Penulis: B. Diah Listianingsih

Post Views: 926
Tags: IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDGs

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • EVENT-ID
  • Heregistrasi
  • Slider
  • Sosialisasi
  • Statistik
  • Wisuda

Jenis Berita

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 7: Energi Bersih dan Terjangkau SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Jenis SK

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 7: Energi Bersih dan Terjangkau SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Berita Terkini

  • Pengumuman Heregistrasi Semester Gasal TA 2025/2026 Mahasiswa Program Sarjana Terapan, Sarjana, Profesi, dan Pascasarjana
  • Wisuda Program Sarjana dan Sarjana Terapan Periode IV Tahun Akademik 2024/2025
  • Hasil Seleksi Rekrutmen Tenaga Mahasiswa Paruh Waktu Periode Juli – Desember Tahun 2025 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran Universitas Gadjah Mada
  • Hasil Seleksi Administrasi Tenaga Mahasiswa Paruh Waktu Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM Tahun 2025
  • UGM Luncurkan Program Minat Metalurgi: Kolaborasi Strategis Teknik Kimia FT dan Kimia Fakultas MIPA untuk Masa Depan Pengolahan Mineral Berkelanjutan

Link Lainnya

sidebar

 

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Jalan Pancasila Boulevard

Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia, 55281

+62(274) 6492626
dit.pp@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Kedudukan dan Tugas
  • Ujian Masuk (UM UGM)

Pendidikan

  • Program Akademik
  • Aturan Akademik
  • Arsip

Pembelajaran

Informasi Publik

  • Statistik
  • Profil Mahasiswa

© 2023 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Term of UseContact

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY