Language: ID
Sehubungan dengan kegiatan Computer Based Test (CBT)-UM Universitas Gadjah Mada Tahun 2022, berikut kami sampaikan Denah Lokasi CBT-UM UGM 2022. Diharapkan kepada semua peserta dapat memperhatikan denah lokasi kegiatan ujian dengan cermat dan melakukan survey lokasi pada sehari sebelum pelaksanaan tes sesuai jadwal masing-masing dengan memperhatikan arus sirkulasi peserta dan posisi Drop Zone yang disediakan.
Universitas Gadjah Mada akan menyelengarakan Upacara Wisuda Program Pascasarjana dan Spesialis Periode IV Tahun Akademik 2021/2022 pada Rabu, 20 Juli 2022.
Kepada calon wisudawan/wisudawati diminta segera melakukan proses pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan serta melengkapi semua persyaratan dan tahapan sebagaimana dalam surat edaran wisuda nomor 3705/UN1.P.I/Dir-PP/WA.00.00/2022 tanggal 3 Juni 2022 terlampir.
Informasi khusus: Bagi peserta wisuda dengan beasiswa Kemendikbudristek (BPPDN/BUDIDN/PMDSU/ Sandwich DN/Bantuan Studi 1 Semester, dll.) wajib mengisi data publikasi dengan login menggunakan akun (user dan password) masing-masing di laman: studi.kemdikbud.go.id.
Layanan user dan password dapat diperoleh melalui nomor hotline WhattsApp: 0811 294 1949
Edaran Wisuda Program Pascasarjana Periode IV_fix
Sehubungan dengan kegiatan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022, berikut kami sampaikan Denah Lokasi UTBK-SBMPTN Universitas Gadjah Mada. Diharapkan kepada semua peserta dapat memperhatikan denah lokasi kegiatan ujian dengan cermat dan melakukan survey lokasi pada sehari sebelum pelaksanaan tes sesuai jadwal masing-masing dengan memperhatikan arus sirkulasi peserta dan posisi Drop Zone yang disediakan.
Universitas Gadjah Mada akan menyelengarakan Upacara Wisuda Program Diploma dan Sarjana Periode III Tahun Akademik 2021/2022 pada Rabu, 25 Mei 2022.
Kepada calon wisudawan/wisudawati diminta segera melakukan proses pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan serta melengkapi semua persyaratan dan tahapan sebagaimana dalam surat edaran wisuda nomor 2389/UNl,P.I/Dir-PP/WA.00.00/2022 tanggal 24 Maret 2022 terlampir.
Revisi edaran wisuda sarjana dan diploma periode III 25 mei 2022Universitas Gadjah Mada akan menyelengarakan Upacara Wisuda Program Pascasarjana dan Spesialis Periode III Tahun Akademik 2021/2022 pada Rabu, 20 April 2022. Sehubungan masih dalam kondisi masa Tanggap Darurat Covid-19, maka kegiatan wisuda periode ini akan diselenggarakan secara luring terbatas dan daring.
Kepada calon wisudawan/wisudawati diminta segera melakukan proses pendaftaran sesuai dengan waktu yang ditentukan serta melengkapi semua persyaratan dan tahapan sebagaimana dalam surat edaran wisuda nomor 1521/UN1.P.I/Dir-PP/WA.00.00/2022 tanggal 14 Maret 2022 terlampir.
Informasi khusus: Bagi lulusan dengan beasiswa Kemendikbudristek (BPPDN/BUDIDN/PMDSU/ Sandwich DN/Bantuan Studi 1 Semester, dll.) wajib mengisi data publikasi dengan login menggunakan akun (user dan password) masing-masing di laman: studi.kemdikbud.go.id.
Layanan user dan password dapat diperoleh melalui nomor hotline WhattsApp: 0811 294 1949
Edaran Wisuda Pascasarjana Periode III T.A. 2021_2022 tgl 20 April 2022Menindaklanjuti kegiatan Konsinyering dengan Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) yang sebelumnya diselenggarakan di Hyatt Regency Jl. Palagan Tentara Pelajar, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta pada 19 Februari 2022 maka Direktorat Pendidikan dan Pengajaran menyelenggarakan acara Sosialisasi Menu Sinkronisasi Data SIA-Simaster dan Feeder PDDikti pada Rabu, 2 Maret 2022. Acara dipimpin langsung oleh Direktur Pendidikan dan Pengajaran (Dr. agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih) dengan mengundang seluruh stakeholder, yakni:
- Wakil Dekan yang membidangi Akademik/ Pendidikan dan Kemahasiswaan
- Ketua Program Studi Fakultas/ Sekolah
- Direktur dan Sekretaris Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi
- Kapala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan seluruh Fakultas/ Sekolah
- Seluruh Operator SIA SIMASTER Program Studi/ Fakultas/Sekolah
- Tim DPP
- Tim DSSDI
Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan (Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.) sekaligus yang membuka acara tersebut. Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan menegaskan pentingnya validitas data antara data SIA SIMASTER dengan data PDDikti yang mana menjadi salah satu unsur pokok dalam penilaian Indikator Kinerja Universitas (IKU) yang memiliki bobot cukup signifikan.
Direktur Pendidikan dan Pengajaran lebih lanjut mejelaskan saat ini masih ditemukan banyak terjadinya ketidaksinkronan antara 2 (dua) data tersebut yang mengakibatkan banyaknya komplain baik dari mahasiswa maupun alumni yang mengakibatkan terjadinya banyak persoalan terkait seperti pemasangan PIN (Penomoran Ijazah Nasional) sampai kepada para alumni yang protes karena statusnya di PDDikti yang masih aktif.
Kegiatan berjalan lancar dan dipandu oleh Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom. selaku Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik Direktorat Pendidikan dan Pengajaran serta diikuti dengan diskusi hangat yang sangat antusias dari peserta yang jumlahnya lebih dari 450 orang. Diharapkan dari acara ini masing-masing Fakultas/ Program Studi segera melakukan tindak lanjut validasi data lewat dashboard yang telah dipersiapkan bersama oleh tim DSSDI dan DPP sebagai acuan untuk memudahkan identifikasi ketidaksinkronan data yang ada.
Direktorat Pendidikan dan Pengajaran bersama dengan Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI)
Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan kegiatan bersama bertajuk “Konsinyering Sinkronisasi Data Akademik SIA SIMASTER dengan data di PDDikti”.
Acara dipimpin oleh Dr. Sigit Priyanta, S.Si., M.Kom., Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik Direktorat Pendidikan dan Pengajaran serta diikuti oleh pejabat yang ada di dua lembaga tersebut beserta staf terkait khususnya yang membidangi IT. Tim Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi dikomandani oleh Bp. Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., selaku Direktur. Acara diselenggarakan di Hyatt Regency Jl. Palagan Tentara Pelajar, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan mencari masukan/pendapat/pandangan/usulan terbaik untuk memilih strategi dalam memvalidasi data akademik di SIA SIMASTER (data internal UGM) yang selama ini sering terjadi ketidaksinkronan dengan data di PDDikti sehingga menyebabkan kompleksitas permasalahan di kemudian hari. Akibat ketidaksinkronan tersebut menyebabkan gagalnya mahasiswa mendapatkan PIN (Penomoran Ijazah Nasional), permasalahan terkait Tanda Tangan Elektronik (TTE) pada ijazah, identitas nama yang tidak sesuai pada ijazah, kesalahan biodata mahasiswa, dan tidak updatenya status keaktifan mahasiswa dan lain sebagainya.
Output dari kegiatan tersebut diharapkan akan ditemukan satu langkah strategis yang disepakati dan menjadi solusi bersama dalam rangka sinkronisasi antara data di SIA SIMASTER dan di PDDikti serta tidak terjadi lagi perbedaan data sehingga permasalahan-permasalahan yang sering muncul selama ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang.
Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT nomor 03/SE.LTMPT/2022, diinformasikan kepada:
- Kepala Sekolah SMA/MA/SMK
- Siswa SMA/ MA/ SMK
di seluruh Indonesia
Sehubungan dengan hasil evaluasi Pendaftaran SNMPTN dan tahap Permanen Akun Siswa disampaikan bahwa
- Permanen Akun Siswa merupakan syarat untuk mendaftar SNMPTN 2022.
- LTMPT memberikan kesempatan bagi siswa yang eligible untuk melakukan Permanen Akun Siswa sebelum masa pendaftaran SNMPTN 2022 ditutup.
- Pendaftaran SNMPTN 2022 ditutup pada 28 Februari 2022, pukul 15.00 WIB.
Demikian informasi disampaikan untuk diketahui dan menjadi pedoman.