• Tentang UGM
  • Portal Akademik
  • Kemahasiswaan
  • Penelitian & Pengabdian
  • Perpustakaan
  • Webmail
  • ID
    • ID
    • EN
Universitas Gadjah Mada Direktorat Pendidikan dan Pengajaran
Universitas Gadjah Mada
  • Beranda
  • Tentang Kami
    • Kedudukan dan Tugas
  • Pendidikan
    • Program Pendidikan
    • Aturan Akademik
    • Peraturan Internal
    • Peraturan Eksternal
  • Dokumen Acuan
  • Informasi Lain
    • Statistik
    • Profil Mahasiswa
  • Beranda
  • Berita
  • Pelajari Pengelolaan Program MBKM dan Penjaminan Mutu, UGM Terima Studi Banding Institut Teknologi Kalimantan

Pelajari Pengelolaan Program MBKM dan Penjaminan Mutu, UGM Terima Studi Banding Institut Teknologi Kalimantan

  • Berita, Slider
  • 2 Agustus 2024, 10.24
  • Oleh: listi_fku
  • 0

UGM menerima kunjungan dari Institut Teknologi Kalimantan (ITK) dalam rangka studi banding pengelolaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Selasa (23/7) di Ruang Sidang 1 Kantor Pusat UGM.

Kunjungan diterima oleh Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM, Dr. Sigit Priyanta, S.Si, M.Kom. ”UGM menyambut baik kunjungan studi banding ini”, ungkap Sigit Priyanta. Dalam sambutannya, Sigit Priyanta menyampaikan bahwa pengelolaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UGM tidak dikelola dalam unit tersendiri, namun pengelolaannya melekat pada unit kerja yang tugas pokok dan fungsinya sangat berdekatan dengan Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) MBKM. Misalnya Program Mahasiswa Merdeka (PMM) dan Program Magang dikelola oleh  Direktorat Pendidikan dan Pengajaran. Untuk Program Kampus Mengajar, pengelolaannya ada di Direktorat Kajian dan Inovasi Akademik, lalu terkait Program Pembangunan Desa dikelola oleh Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat.

Hadir tim dari ITK yaitu Kepala dan Wakil Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan serta Tim Pengelola Program  Praktisi Mengajar. Dalam sambutannya saat diterima di UGM, Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan, Happy Aprillia, Ph.D mengapresiasi sambutan yang sangat hangat dari UGM atas kunjungan ITK. ”Kami merencanakan studi banding ke beberapa institusi pendidikan dengan mutu pendidikan dan pengalaman terbaik dalam pengelolaan Program Kompetisi Kampus Merdeka dan MBKM di Indonesia. Dan UGM menjadi tujuan utama studi banding kami”, ungkap Happy Aprillila dalam sambutannya di kunjungan tersebut.

Menurut Happy Aprillila, studi banding ini dalam upaya meningkatkan efektivitas pengelolaan mutu pendidikan tinggi dan pengelolaan MBKM Tahun 2024 di Institut Teknologi Kalimantan. ”Kami ingin mengali lebih dalam pengelolaan MBKM dan mempelajari penyesuaian kebijakan mutu sebagai tindak lanjut Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi”, terangnya.

Lebih lanjut, dalam studi banding tersebut, dari pihak UGM, Kepala Sub Direktorat Pengembangan Inovasi Akademik,  Dr. Ngadisih, S.T.P., M.Sc., menjelaskan perlunya program studi melakukan penyesuaian kurikulum agar mampu mewadahi kegiatan MBKM yang dilakukan mahasiswa. ”Prodi di UGM menyediakan mata kuliah yang dapat diambil oleh mahasiswa lintas program studi. Jika nama mata kuliah tidak sama, akan direkognisi dengan cara dikonversi”, ungkap Ngadisih. Untuk memfasilitasi ini, UGM juga mengembangan sebuah fitur Pra KRS untuk melakukan pencatatan kegiatan akademik mahasiswa di luar program studi yang dapat dikonversi ke sejumlah satuan kredit semester (sks).

Kepala Satuan Penjaminan Mutu dan Reputasi Universitas (SPMRU) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, MBA, hadir dalam studi banding tersebut menerangkan bahwa sebelum bertransformasi menjadi SPMRU, penjaminan mutu di UGM berada di bawah kendali Kantor Jaminan Mutu (KJM) yang bertugas merencanakan dan melaksanakan sistem penjaminan mutu secara menyeluruh di UGM, termasuk membuat perangkatnya. KJM  juga memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu, melakukan auditing dan evaluasi serta melaporkan pelaksanaan penjaminan mutu secara berkala.

Tahun 2023, KJM bertransformasi menjadi SPMRU, yang tugasnya selain mengelola penjaminan mutu, juga mengelola reputasi UGM, serta menjalankan fungsi lain yang diberikan oleh rektor, salah satunya membangun Satuan Penjaminan Mutu Internasional (SPMI) menuju pengakuan internasional.

Penulis: B. Diah Listianingsih

Editor: Ir. Endang Sulastri, S.Pt., M.A., Ph.D., IPM

Post Views: 344
Tags: SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDGs

Kategori

  • Beasiswa
  • Berita
  • EVENT-ID
  • Heregistrasi
  • Slider
  • Sosialisasi
  • Statistik
  • Wisuda

Jenis Berita

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Jenis SK

BANGKIT Beasiswa berita Heregistrasi ik IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif IKU 8. Program Studi Berstandar Internasional MBKM pendidikan sd sdg SDG 1: Tanpa Kemiskinan SDG 2: Tanpa Kelaparan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera SDG 4: Pendidikan Berkualitas SDG 5: Kesetaraan Gender SDG 8: Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi SDG 9: Industri Inovasi dan Infrastruktur SDG 10: Berkurangnya Kesenjangan SDG 11: Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan SDG 12: Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab SDG 15: Ekosistem Daratan SDG 16: Perdamaian Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan SDGs SIMASTER Sosialisasi Wisuda

Berita Terkini

  • Penerimaan Rekrutmen Tenaga Mahasiswa Paruh Waktu Tahun 2025 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM
  • UGM Buka Jalur Khusus Beasiswa Program Doktor Dosen Indonesia (PDDI) 5 – 8 Juni 2025
  • Wisuda Program Pascasarjana (Magister, Doktor, Spesialis, dan Subspesialis) Periode IV Tahun Akademik 2024/2025
  • Dari Kecanduan Game Hingga Jadi Motivator Konten Kreator, Perjalanan Samuel Lie, Mahasiswa Teknik Mesin Raih IP 3,92
  • Perjalanan Akademik dan Dedikasi Budaya: Kisah Wisudawan Doktor Ilmu-Ilmu Humaniora FIB UGM, Xie Chen Liu

Link Lainnya

sidebar

 

Universitas Gadjah Mada

Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Jalan Pancasila Boulevard

Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia, 55281

+62(274) 6492626
dit.pp@ugm.ac.id

Tentang Kami

  • Kedudukan dan Tugas
  • Ujian Masuk (UM UGM)

Pendidikan

  • Program Akademik
  • Aturan Akademik
  • Arsip

Pembelajaran

Informasi Publik

  • Statistik
  • Profil Mahasiswa

© 2023 Direktorat Pendidikan dan Pengajaran UGM

Term of UseContact

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY